Berita

Diresmikan Presiden RI Jokowi, Tol Kayu Agung-Palembang Tingkatkan Efisiensi Distribusi Logistik di Sumsel  

Selasa, 26 Januari 2021 - 16:36
Diresmikan Presiden RI Jokowi, Tol Kayu Agung-Palembang Tingkatkan Efisiensi Distribusi Logistik di Sumsel   Presiden RI Jokowi saat meresmikan ruas tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan) didampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dan Gubernur Sumsel Herman Deru Selasa (26/1/2021)(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES SINGKAWANG, PALEMBANGPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru meresmikan ruas tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan) sepanjang 42,5 km. 

Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) sepanjang 111,69 Km, Selasa (26/1/2021). 

Jokowi peresmian tol 2

Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol ini adalah poros terpenting dari Jalan Tol Trans Sumatera, sebagai backbone Sumatera Selatan yang menjadi ruas terakhir menghubungkan Pelabuhan Bakauheni hingga Palembang. Dengan selesainya jalan tol ini, Presiden menyatakan akan mempersingkat waktu tempuh Bakauheni-Palembang sejauh 337 km dari 12 jam perjalanan darat menjadi hanya sekitar 3,5 jam.

"Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen dan efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan meningkatkan daya saing (competitiveness) yang besar bagi Palembang dan Lampung," kata Presiden. 

Presiden RI Jokowi juga menegaskan tol ini tidak hanya menghubungkan antar wilayah-antar daerah, tetapi juga untuk membangkitkan perekonomian di pulau Sumatera khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, dan juga akan menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif.

"Saya melihat jalan tol ini akan membuka banyak peluang yang menguntungkan karena dekat  dengan pulau Jawa, lahan masih sangat luas, harganya masih kompetitif, juga tenaga kerja yang tersedia di sini sangat besar sehingga aktivitas bisnis bisa dilakukan dengan biaya yang bersaing dengan provinsi lain, bersaing dengan negara lain. Ini untuk pemerataan pembangunan dan membuka lapangan pekerjaan di daerah yang sebanyak-banyaknya sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Presiden.

Jokowi peresmian tol 3

Terakhir Presiden berpesan kepada pemerintah daerah agar jalan tol ini disambungkan pada sentra-sentra ekonomi, mulai dari pariwisata, kawasan Industri, pertanian, hingga perkebunan supaya manfaat ekonomi dari adanya infrastruktur ini bisa maksimal.

Tol Kapalbetung merupakan bagian dari koridor utama (back bone) Tol Trans Sumatera yang pembangunannya dilaksanakan oleh BUJT PT Waskita Sriwijaya Tol dengan total investasi sebesar Rp 22,16 triliun. 

Ruas tol ini dibangun dalam dua tahap, tahap pertama yakni Seksi I Kayu Agung–Jakabaring sepanjang 33,5 Km yang telah operasi sejak April 2020 dan Jakabaring-Kramasan sepanjang 9 Km yang baru akan dioperasikan. Selanjutnya tahap 2 akan diselesaikan ruas Kramasan-Betung sepanjang 69,19 km dengan progres fisik saat ini 22,55% dan ditargetkan operasi pada Desember 2022. 

Jokowi peresmian tol 4

Pembangunan Tol Kapalbetung merupakan upaya untuk memenuhi target capaian pembangunan jalan tol secara nasional pada 2020-2024 sepanjang 2.724 Km. Selain itu juga untuk melengkapi struktur jaringan Koridor Utara Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.069 km yang akan menghubungkan Pulau Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh. Saat ini sepanjang 657 km ruas Tol Trans Sumatera sudah beroperasi dan telah dimanfaatkan untuk mendukung mobilitas saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Turut hadir dalam peresmian ruas tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan) oleh Presiden RI Jokowi itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan PUPR Endra S. Atmawidjaja, Direktur Utama (Dirut) PT Waskita Karya Destiawan Soewardjono, Dirut Waskita Sriwijaya Tol (WST) Herwidiakto, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumsel Saiful Anwar, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Ditjen SDA Kementerian PUPR Birendrajana, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Krisno Yuwono. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Singkawang just now

Welcome to TIMES Singkawang

TIMES Singkawang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.