Berita

Tembus 1 Juta Kasus, Menkes RI Sebut 2 Cara Tekan Laju Covid-19

Selasa, 26 Januari 2021 - 21:15
Tembus 1 Juta Kasus, Menkes RI Sebut 2 Cara Tekan Laju Covid-19 Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. (FOTO: Kontan)

TIMES SINGKAWANG, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin menyebut dua cara yang harus dilakukan pemerintah bersama dengan masyarakat pasca-kasus positif Covid-19 di Indonesia tembus 1 juta, lebih tepatnya 1.012.350 orang.

"Ada dua hal yang harus kita lakukan bersama-sama. Ada dua hal yang harus dikerjakan, kerja keras, sangat keras, dan ekstra keras bersama-sama," ucap Budi Gunadi di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Pada hari ini terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak 13.094 orang, sehingga total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1.012.350 orang. 

Terdapat penambahan pasien sembuh 10.868 orang, sehingga pasien sembuh menjadi  820.356 orang dan meninggal dunia bertambah 336 orang, sehingga menjadi 10.868 orang.

Menkes menyampaikan angka kasus positif Covid-19 1 juta orang tersebut memiliki makna dua hal yang harus disadari.

Pertama, semua pihak harus berduka, karena sudah banyak individu yang wafat akibat Covid-19 termasuk juga tenaga kesehatan.

Kedua, semua pihak harus bekerja keras mengatasi pandemi bersama-sama, baik dengan menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) maupun 3T (testing, tracing dan treatment).

"Semua ahli epidemiologi mengatakan kepada saya bahwa untuk mengatasi pandemi, satu hal utama yang harus diingat yaitu harus mengurangi laju penularan dari virus," jelas dia

Menurut Menkes RI, dengan mengurangi laju penularan virus, maka beban fasilitas kesehatan tidak terlalu berat dan memiliki lebih banyak waktu untuk merespons Covid-19. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Singkawang just now

Welcome to TIMES Singkawang

TIMES Singkawang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.