https://singkawang.times.co.id/
News Commerce

Ingin Pengadaan Alat Elektronik Secara Online? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kamis, 29 Desember 2022 - 11:08
Ingin Pengadaan Alat Elektronik Secara Online? Ini Kelebihan dan Kekurangannya Ilustrasi alat elektronik.

TIMES SINGKAWANG, JAKARTA – Di era sekarang, pengadaan alat elektronik terbilang meningkat pesat. Terbukti dari banyaknya barang elektronik yang dijual, baik secara offline maupun online. Mulai dari televisi, kulkas, elektronik dapur, dan masih banyak lagi. Saat ini banyak yang lebih suka melakukan transaksi menggunakan sistem online. 

Apalagi seiring perkembangan zaman, sudah banyak marketplace yang hadir untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi online. Namun, tetap saja masih ada yang lebih suka melakukan transaksi belanja secara offline dibandingkan dengan online. 

Kelebihan Pengadaan Alat Elektronik Secara Online

Bagi Anda yang ingin menjual atau membeli alat elektronik secara online, ada baiknya untuk melihat lebih dulu beberapa kelebihannya. Berikut kelebihan yang bisa dirasakan terkait pengadaan barang secara online. 

1.    Menghemat Waktu dan Tenaga

Salah satu kelebihan berbelanja menggunakan sistem online adalah menghemat waktu dan tenaga. Tidak semua orang mempunyai banyak waktu senggang. Apalagi jika Anda seorang pekerja kantoran yang pastinya akan lebih sedikit waktu untuk bisa belanja secara offline. Akhirnya, belanja pun terasa tidak memuaskan karenanya. 

Itulah kenapa banyak pekerja kantoran yang lebih suka berbelanja secara online. Selain bebas menentukan waktu untuk membeli produk, mereka juga bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari produk kesukaan. Secara tidak langsung hal ini juga membantu menghemat tenaga karena tidak perlu mengunjungi toko seperti jika berbelanja offline. 

2.    Mengurangi Biaya Operasional

Memang masih banyak toko yang beroperasi secara offline sehingga mudah untuk dikunjungi. Namun, dalam membeli perangkat elektronik, pastinya Anda menginginkan yang terbaik dengan harga murah, bukan? Nah, tidak semua toko offline menawarkan produk serupa dengan harga yang sama. 

Apabila Anda tidak merasa cocok dengan pelayanan atau kualitas produk yang tersedia pada toko tersebut, maka akan memilih toko lain, bukan? Nah, bayangkan saja ada berapa toko yang harus dikunjungi untuk mendapatkan produk sesuai keinginan. Cara ini tentu saja memakan biaya operasional. 

Namun, jika Anda melakukan pengadaan alat elektronik secara online, maka tidak perlu repot untuk mengunjungi toko. Pembeli bisa melakukannya hanya dengan mengandalkan klik saja. Hal ini tentu saja bisa mengurangi biaya operasional kerenannya. 

3.    Mengurangi Human Error

Dalam berbelanja offline pastinya seringkali seseorang salah dalam memberikan pelayanan, entah salah memberikan harga atau salah memberikan kembalian. Hal ini karena yang memproses transaksinya adalah manusia. Alhasil tidak luput dari human error. 

Namun, jika Anda berbelanja secara online, tentunya human error tidak akan dialami. Hal ini karena harga termasuk diskon dan ongkir pengiriman sudah diatur secara online. Secara tidak langsung pengadaan alat elektronik secara online bisa mengurangi human error. 

4.    Metode Pembayaran Beragam

Keuntungan lainnya yang bisa dirasakan dari belanja online adalah metode pembayaran yang beragam. Tidak semua pembeli mempunyai akun bank yang sama. Dengan adanya beragam pilihan terkait metode pembayaran, pembeli akan merasa bebas untuk memilih mengeluarkan uangnya dari mana. 

Kekurangan Belanja Online yang Harus Diketahui

Ada kelebihan pastinya ada kekurangan. Sama halnya dengan belanja online yang memiliki sejumlah kekurangan di baliknya. Berikut beberapa kekurangannya. 

1.    Tidak Bisa Melihat Produk Secara Langsung

Kekurangan dari belanja online adalah tidak bisa melihat produk secara langsung. Berbeda dengan offline di mana pembelinya bisa melihat dan menyentuh produk secara langsung. Menggunakan sistem online hanya mengandalkan foto atau gambar saja. Hal inilah yang terkadang membuat produk yang dijual tidak sama saat diterima oleh pembeli. 

2.    Membutuhkan Waktu Berapa Hari untuk Mendapatkan Produk

Kekurangan kedua dari belanja online adalah harus menunggu beberapa waktu untuk bisa mendapatkan produk. Apalagi jika lokasi Anda terbilang cukup jauh sehingga harus memakan waktu beberapa hari. Beberapa orang tidak suka menunggu, tapi itu adalah risiko dari belanja online yang harus diterima. 

Jual Beli Alat Elektronik Mudah dan Praktis Hanya di Blibli

Bagi Anda yang ingin menjual atau membeli produk alat elektronik, maka bisa mencoba marketplace Blibli. Saat ini marketplace tersebut banyak digandrungi lantaran prosesnya yang mudah, praktis, dan cepat. 

Apalagi platform belanja online tersebut menawarkan sejumlah diskon dan promo menarik lainnya. Hal ini yang membuat banyak konsumen memilih marketplace tersebut sebagai solusi belanja online. 

Nah, jika Anda ingin melakukan pengadaan alat elektronik apa saja, bisa memilih tempat terpercaya, seperti Blibli.com. Dan jangan lupa, sebelum membeli produk yang diinginkan, Anda harus memahami kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Selamat berbelanja!  (*)
 

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Singkawang just now

Welcome to TIMES Singkawang

TIMES Singkawang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.